BEBERAPA KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)
YANG HARUS DIPAHAMI OLEH GURU/PENDIDIK DALAM MENYUSUN INDIKATOR
PEMBELAJARAN
Tabel
1
Tingkat
Kompetensi Kata Kerja Operasional
No
|
Klasifikasi Tingkat Kompetensi
|
Kaka Kerja Operasional yang digunakan
|
1
|
Berhubungan dengan mencari keterangan
(dealing with retrieval)
|
1. Mendeskripsikan (describe)
2. Menyebutkan kembali (recall)
3. Melengkapi (complete)
4. Mendaftar (list)
5. Mendefinisikan (define)
6. Menghitung (count)
7. Mengidentifikasi (identify)
8. Menceritakan (recite)
9. Menamai (name)
|
2
|
Memproses
(processing)
|
1. Mensintesis (synthesize)
2. Mengelompokkan (group)
3. Menjelaskan (explain)
4. Mengorganisasikan (organize)
5. Meneliti/melakukan
eksperimen (experiment)
6. Menganalogikan (make analogies)
7. Mengurutkan (squence)
8. Mengkategorikan (categorize)
9. Menganalisis (analyze)
10. Membandingkan (compare)
11. Mengkalisifikasi (classify)
12. Menghubungkan (relate)
13. Membedakan (distinguish)
14. Mengungkapkan sebab (state causality)
|
3
|
Menerapkan dan mengevaluasi (implementation
and evaluation)
|
1. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle)
2. Membuat model (model
building)
3. Mengevaluasi (evaluating)
4. Merencanakan (planning)
5. Memperhitungkan/meramalkan kemungkinan (extrapolating)
6. Memprediksi (predicting)
7. Menduga/mengemukakan
pendapat/mengambil kesimpulan (inferring)
8. Meramlakna kejadian
alam/sesuatu (forecasting)
9. Menggeneralisasikan (generalizing)
10. Mempertimbangkan/memikirkan
kemungkinan-kemungkinan (speculating)
11. Membayangkan/menkhayalkan/mengimajinasikan
(imagining)
12. Merancang (designing)
13. Menciptakan (creating)
14. Menduga/membuat
dugaan/kesimpulan awal (hypothezing)
|
Tabel
2
KKO
RANAH KOGNITIF
by B.Bloom, dkk:1956
Pengetahuan
(C.1)
|
Pemahaman
(C.2)
|
Penerapan
(C.3)
|
Analisis
(C.4)
|
Sintesis
(C.5)
|
Evaluasi
(C.6)
|
Mengutip;
Menyebutkan; Menjelaskan;
Menggambar; Mengidentifikasi;
Membilang;
Mendaftar;
Menunjukkan; Memberi indeks;
Memberi label;
Menamai;
Memasangkan;
Menandai;
Menamai;
Membaca;
Menyadari;
Menghafal;
Meniru;
Mereproduksi;
Mengulang;
Mencatat;
Meninjau;
Memilih;
Menyatakan;
Mempelajari;
Mentabulasi;
Memberi kode; Menelusuri;
Menulis.
|
Memperkirakan;
Menjelaskan;
Mengkategorikan; Mencirikan;
Mengasosiasikan
Membandingkan; Menghitung;
Mengkontraskan;
Mengubah;
Mempertahankan;
Menjalin;
Mengonstruksikan;
Menguraikan; Membedakan;
Mendiskusikan;
Menggali; Merangkum;
Mencontohkan;
Mempolakan
Menerangkan;
Mengemukakan; Menyimpulkan;
Memperluas; Menjabarkan.
|
Menugaskan;
Mengurutkan;
Menentukan;
Menerapkan;
Menyesuaikan;
Mengkalkulasi;
Memodifikasi;
Menghitung;
Membangun;
Menyusun;
Mengklasifikasi;
Membiasakan;
Mencegah;
Menentukan;
Menggunakan;
Menggambarkan
Menilai;
Melatih;
Mengemukakan; Mengoperasikan;
Mengkonsepkan
Menggali; Mengadaptasi; Menyelidiki; Mempersoalkan;
Mengoperasikan
Melaksanakan;
Memproses; Mengaitkan; Memecahkan;
Mensimulasikan
Melakukan;
Mentabulasi;
Meramalkan.
|
Menganalisis; Mengaudit; Memecahkan; Menegaskan; Mendiagnosis;
Mendeteksi; Menyeleksi; Merinci; Menominasikan; Mendiagramkan;
Mengkorelasikan
Merasionalkan;
Menguji; Mencerahkan; Menjelajah; Membagankan;
Menyimpulkan; Menemukan; Memaksimalkan; Menelaah; Mengaitkan;
Memerintahkan; Memilih; Melatih; Mengedit;
Mentransfer.
|
Mengabstraksi; Mangatur; Menganimasi; Mengumpulkan; Menciptakan;
Mengategorikan; Mengode; Mengarang;
Menyusun;
Membangun; Menanggulangi;
Mengombinasikan; Menghubungkan; Mengkreasikan; Merencanakan;
Menciptakan; Mengoreksi; Merancang; Meningkatkan; Memfasilitasi;
Mendikte; Memperjelas; Membentuk; Merumuskan; Menggeneralisasi;
Menggabungkan; Memadukan; Membatas; Mereparasi;
Menampilkan;
Memproduksi;
Menyiapkan;
Merekonstruksi.
|
Membandingkan; Menyimpulkan; Menilai; Mengarahkan; Mengritik;
Memvalidasi; Menimbang; Memutuskan; Memisahkan; Memprediksi;
Memperjelas; Menafsirkan;
Mempertahankan; Memilih;
Memerincikan; Membuktikan; Mendukung;
Mengetes;
Memproyeksikan.
|
1.
Knowledge : Kemampuan mengingat (misalnya:
nama ibu kota, rumus).
2.
Comprehension : Kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf).
3.
Application : Kemampuan
Penerapan (Misalnya: menggunakan suatu informasi/
pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah).
4.
Analysis :
Kemampuan menganalisis suatu
informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (Misalnya:
menganalisis bentuk, jenis atau arti suatu puisi).
5.
Synthesis : Kemampuan menggabungkan beberapa informasi
menjadi suatu kesimpulan (misalnya: memformulasikan
hasil penelitian di laboratorium).
6.
Evaluation : Kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan
mana yang buruk dan memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu.
*)Untuk penyusunan soal : sesuai dengan indikator yang telah disusun
dalam silabus, hendaknya memiliki
tingkat berpikir dari menengah sampai
tinggi.
TABEL
3
KKO
RANAH AFEKTIF
Menerima
A.1
|
Menanggapi
A.2
|
Menilai
A.3
|
Mengelola
A.4
|
Menghayati
A.5
|
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati
|
Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
|
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinakn
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
|
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan Mempertahankan
Membangun
Membentuk
pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
|
Mengubah prilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan
|
TABEL 4
KKO
RANAH PSIKOMOTORIK
PENIRUAN
(P.1)
|
MANIPULASI
(P.2)
|
ARTIKULASI
(P.3)
|
PENGALAMAN
(P.4)
|
Mengaaktifkan; Menyesuaikan; Menggabungkan; Melamar;
Mengatur; Mengumpulkan; Menimbang; Mengonstruksikan;
Memperkecil; Membangun;
Mengubah; Membersihkan;
Memposisikan.
|
Mengoreksi;
Mendemonstrasikan; Merancang; Mencampur;
Memilah; Melatih;
Memperbaiki; Membuat; Menempatkan;
Mengidentifikasikan;
Mengisi; Memanipulasi; Mereparasi.
|
Mengalihkan; Mengemas; Memutar; Menarik; Mendorong;
Memindahkan; Mengirim;
Memproduksi; Mengoperasikan;
Mencampur; Membungkus;
Menggantikan.
|
Mengalihkan; Mempertajam; Membentuk; Memadankan;
Menggunakan; Memulai; Menyetir; Menempel; Menimbang;
Menseketsa; Melonggarkan; Menjeniskan.
|
Tabel 5
KKO, KOGNITIF
by Anderson & Krathwohle:2001
Mengingat
(Remember)
C.1
|
Mengerti
(Understand)
C.2
|
Menerapkan
(Apply)
C.3
|
Menguraikan
(Analyze)
C.4
|
Menilai
(Evaluate)
C.5
|
Mencipta
(Create)
C.6
|
Mengenal/ identifikasi
Menghafal/ telusuri
|
Interpretasi
Eksemplifikasi
Klasifikasi
Merangkum
Inferensi
Komparasi
Eksplanasi
|
Melaksanakan
Implementasi
|
Diferensiasi
Organisasi
Dekonstruksi
|
Mengecek
Mengkritik
|
Menurunkan/berhipotesis
Merencanakan
Menghasilkan/membangun
|
KATEGORI PROSES
|
CONTOH
|
Remember
|
(Memanggil pengetahuan relevan dari memori jangka panjang)
Mengenal tanggal
penting tertentu, Menghafal tanggal penting tertentu
|
Understand
|
(Membangun makna dari pesan pembelajaran)
Mengubah bentuk penyajian, klasifikasi, translasi
Menemukan contoh spesifik, ilustras. Mengelompokkan, mengkategorikan
Berabstraksi, generalisas. Menyimpulkan, interpolasi, ekstrapolasi,
prediksi
Mengontraskan, memetakan,
mencocokka. Membangun hub. sebab akibat
|
Apply
|
(Menggunakan prosedur pada
situasi tertentu.Menerapkan suatu prosedur pada tugas umum.Menggunakan suatu
prosedur pada tugas khusus
|
Analyze
|
(Menguraikan bagian-bagian tertentu dan menentukan
hubungan-hubungannya. Membedakan, memfokuskan, menyeleksi. Memadukan,
menentukan, membuat struktur. Menetapkan bias/pandangan/nilai/perhatian
|
Evaluate
|
(Membuat pertimbangan berdasarkan criteria dan standar)
mengkoordinasikan, memonitor, menguji. Menimbang/ mempertimbangkan
|
Create
|
(Memasang unsure-unsur untuk membentuk kesatuan yang fungsional;
mereorganisasi bagian-bagian pola/ struktur baru). Mengusulkan hipotesis
berdasarkan criteria. Menyusun prosedur untuk melengkapi tugas
Menemukan suatu produk
|
KARAKTERISTIK PENILAIAN
KELOMPOK MATA PELAJARAN
KELOMPOK MAPEL
|
MATA PELAJARAN
|
ASPEK YANG DINILAI
|
1. Agama dan Ahlak Mulia
|
Pendidikan Agama
|
Afektif dan Kognitif
|
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
Kognitif dan Afektif
|
3. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Pendidikan Jasmani ,
Olahraga dan Kesehatan
|
Psikomotorik, Afektif dan
Kognitif
|
4. Estetika
|
Seni Budaya
|
Afektif dan Psikomotorik
|
5. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
|
Matematika, IPA, IPS,
Bahasa dan TIK
|
Kognitif, Afektif dan/atau
Psikomotorik sesuai karakter mata pelajaran
|
0 komentar:
Posting Komentar