Format teks dalam MS Word



Format teks dalam MS Word memiliki beberapa bagian cangkupan, seperti :
  1. Jenis Font/Huruf
  2. Ukuran Font
  3. Style Font : Bold, Italic, Underline
  4. Text Color/Warna
  5. Spasi antar huruf
  6. Efek Font/Huruf
Format teks atau yang lebih dikenal dengan istilah text formatting merupakan bagian dari format Ms World untuk memberikan sedikit sentuhan pada dokumen/file yang kita buat dengan Microsoft Office Word. Mengapa text formatting harus kita bahas, seberapa pentingkah text formatting itu ? Jawabannya : "Sangat penting". Beberapa karya tulis ilmiah memiliki format penulisan tersendiri, dan sudah pasti harus kita ikuti aturannya agar dokumen atau naskah yang kita buat bisa diterima sebagai sebuah karya tulis ilmiah. Beberapa teman mahasiswa terkadang melupakan pentingnya formatting itu, dan baru serius mempelajarinya ketika menghadapi ujian akhir/skripsi.

Maka dari itu, mari kita mulai belajar cara mengatur formatting MS Word dari hal yang paling dasar yakni format teks.
Jenis Font/Huruf
Kita bisa mengubah jenis font/huruf pada teks. Pilihlah (select) kata/kumpulan kata yang akan diubah jenis hurufnya.



Lalu pilihlah jenis font dengan cara mengklik tanda panah ke bawah di samping toolbar, maka akan muncul drop down list jenis-jenis font MS Word.





Yang tampak ter-highlight adalah pilihan font yang sedang dipakai pada kumpulan kata yang sedang diseleksi. Untuk mengubah jenis font tentu saja dilakukan dengan memilih salah satu dari daftar yang muncul tersebut. Tampilan dari font akan sama seperti yang terlihat di daftar tersebut. Coba select suatu kumpulan kata dalam dokumen Anda dan ubah ke dalam jenis font yang lain.
Jika kolom di dalam toolbar tidak menampilkan nama font yang ter-highlight, itu berarti dalam kumpulan kata yang diseleksi tadi terdapat lebih dari satu jenis font atau terdapat beberapa font yang diterapkan/dipakai.



Ukuran Font
Font Size atau Ukuran font juga dapat diubah-ubah. Select kumpulan kata yang akan diubah ukurannya, lalu pilih ukuran font-nya melalui toolbar yang berada di samping kanan jenis font. Ubahlah angka yang berada dalam kotak tersebut, atau dapat juga dengan menekan tanda panah ke bawah yang berada di samping kotak berisi ukuran font. Cara lain/shortcut untuk perintah mengubah ukuran font dalam MS Word adalah : tekan Kombinasi tombol CTRL + ] pada keyboard.
Font Style
Tebal (Bold)
Select bagian teks yang hendak ditebalkan, kemudian pilih menu toolbar untuk penebalan yaitu :
Setelah diklik, maka teks yang tadi diseleksi akan menjadi tebal. Untuk shortcutnya, tekan kombinasi tombol CTRL + B pada keyboard.
Miring (Italic)
Seleksi bagian teks yang hendak dimiringkan, lalu pilih ikon huruf "I" seperti gambar di atas, maka teks akan miring. Untuk shortcutnya tekan CTRL + I pada keyboard.
Garis Bawah (Underline)
Seleksi bagian yang hendak diberi garis bawah, lalu pilih ikon "U" dan teks akan mendapatkan tambahan garis di bawahnya. Shortcutnya CTRL + U.

Untuk tutorial formatting teks MS Word ini akan kami lanjutkan pada postingan selanjutnya. Pada tutorial tersebut kita akan melanjutkan pembahasan tentang cara memberi warna, spasi antar huruf, dan efek pada huruf. Mungkin cukup sekian untuk pembahasan Format Teks kali ini dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar